Ternyata mesin Megelli 250 RE/RV BUKAN buatan EDI Progetti ?

Posted: Maret 28, 2011 in Two wheels

Adanya Megelli One Make Race yang cukup heboh belakangan ini jujur membuat gue melirik lagi motor ini. Sebenarnya dari pertama kali muncul gwe langsung jatuh cinta. Hanya saja memang gue ragu dengan kualitas mesinnya, terlebih lagi saat gue mencoba mampir ke salah satu dealer Minerva di Jl.Panjang Kebon Jeruk, salesnya memberitahu gue bahwa garansi motor ini hanya 1 tahun.

mmg cantik sih, tapi...menurut gue kurang worthed dari segi kualitas

Alamak, uang sebesar 29 juta itu banyak men kalau buat gue, dan dengan jaminan yang seadanya. Gue wait n see. Lalu belum lama ini keluar versi terbaru RE dan RV, dengan pembuktian yang cukup heboh lewat Sachs Megelli Racing Championships  maka terbukti mesin baru yang power dan speednya bahkan DIATAS CBR 250R maka membuat gue kembali jatuh cinta dengan motor ini. Apalagi denger-denger sebentar lagi EDI Progetti Sviluppo yang katanya pembuat mesin Megelli ini akan ngeluarin part racingnya.

Namun, gue coba iseng-iseng googling ke situs resminya si EDI Progretti di http://www.ediprogetti.it, kok enggak ada Minerva / Megelli / Sachs ya di daftar merk customernya si perancang mesin Italia ini ya ?

Merek-merek yang pakai mesin rancangan EDI Progetti cuma ini disana :

Terhitung motor yang pakai mesin buatan Italia ini jadi Piaggio, Moto Guzzi, BMW, Aprillia, Benelli, dan Kymco.

Ternyata, setelah gue investigasi lebih lanjut, mesin yang dipakai di Megelli 250 RE/RV ini memang mesinnya Zongshen, yang dipesan dan DIPRODUKSI oleh Zongshen serta dalam desainnya memang sedikit banyak melibatkan EDI Progetti tapi bukan keseluruhan desain. Artinya sebenarnya mesin ini bukan DIBUAT apalagi DIPASOK oleh EDI Progetti seperti yang diberitakan sudah-sudah.

nah, ini justru yang asli, jangan liat mereknya bro ;P

perhatikan kesamaan detailnya....

mesin zongshen

ini mesin + motor yang aslinya, mantap bukan ;p

Megelli sendiri memang nggak punya mesin buat motornya, ia cuman rangka aja yang bisa ditemplokin mesin apapun. Menurut gue mesin Cina kan juga bagus. Bilang saja rancangan EDI Progetti BUKAN dipasok oleh EDI Progetti. Begitu kan bisa daripada harus nipu.

Gue salut sama Bajaj sama Kymco yang mengakui keorisinalitasan produknya, buatan India ya bilang India. Buatan Taiwan ya bilang Taiwan, padahal tuh jelas-jelas malah ternyata mesin Kymco malah yang asli rancangan Progetti Italy.

Gue pakai Kymco Spike saja masih banyak orang yang ngetawain, pas di jalan ngeliat larinya baru deh pada terheran-heran ngeliat motor Taiwan larinya kuenceng.

kymco spike 120 RR perak juga :D

Kymco Spike, asli buatan taiwan bukan jerman bukan UK jadi-jadian tapi maknyus

Silahkan berkomentar, bro 😀

Komentar
  1. Vickytrack berkata:

    Pertamax dulu ..

  2. Niko P. berkata:

    Mas, saya juga pakai spike generasi pertama yg lampu belakangnya masih pisah. Kalo mau cari onderdil seperti batok lampu kemana ya?

  3. shantibisnis berkata:

    Numpang promo ya gan..:D

    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 JUTA /MINGGU

    Kerja Management dari program kerja online (Online Based Data Assignment Program / O.D.A.P) MEMBUTUHKAN 200 KARYAWAN diseluruh indonesia yang mau kerja sampingan online dengan potensi penghasilan 3 JUTA/MINGGU+GAJI POKOK 2 JUTA/BULAN, Tugasnya hanya ENTRY DATA, per entry @10rb, Misal hari ini ada kiriman 200 data dari O.D.A.P yang harus di ENTRY berarti kita dapat hari ini @10Rb x 200 = 2 JUTA. Lebih Jelasnya kirimkan Nama LENGKAP & EMAIL ANDA.

    Buka blog SHANTI BISNIS

  4. dnugros berkata:

    yeah…namanya juga jualan brow 😀

  5. enth berkata:

    kalo yang minerva 600 cc katanya mesin buatan hyosung ???

  6. nurrahman18 berkata:

    wah mesin2 gini lm nyampe ilmunya saya 🙂

  7. raiderobie berkata:

    ooo… gitu ceritanya.. iya sih, detailnya mirip mas bro…trailnya zongsen cakep jg.. dibawa kesini sekalian aja tuh

  8. azizyhoree berkata:

    yupsss terlihat dari torque nya, engine ini cocok buat motard 😀

    Pentingnya penggantian Cartridge oil filter secara berkala

  9. Thio berkata:

    kata bro benny: PEMBODOHAN OTOMOTIF….!!

  10. setia1heri berkata:

    betul bro…harus jeli dan teliti
    apalagi bahasa piar….silat lidah dech

    nitip lapak

    Hancurkan rezim dictator Trio N..

  11. one08 berkata:

    penasaran juga dengan kualitasnya 😀

  12. adjokasep berkata:

    berarti Megelli 250 gen1 & gen2 mesinnya sama2 pake zongshen…..

    zongshen memsang salah satu pabrikan besar di china sana. pernah mau ikutan GP125, tapi nggak lanjut (www.longshuomoto.it) & banyak memasok motor/ mesin untuk pabrikan/atpm lokal…. misalnya Tossa, Nasha, Daiheiyo, Grand Surya, Torindo, dll……

  13. anom berkata:

    apapun motornya…apapun mesinnya…kita serahakan pada sang pemegang uang…n lbh teliti sebelom membeli agar gag menyesal kemudian…gw jujur pemakai megelli gen 2 yg katanya mesinnya ini itu,buatan ini itu…tp gw make happy2 aja…jgn sampai menjeblokkan salah satu produsen…klo mw yg pasti2 pakai ato beli aja merk yg pasti2 berkualitas…cma pendapat,no offense yaw…keep brotherhood…

    megelli 250 RE , Bali.

  14. andryco berkata:

    sekedar info aja, Megelli menyebut bahwa mereka hanya mendesain,dan men develop mesin tersebut jadi bukan membuat. Pabrikan bisa dimana saja, cina atau thailand. jadi kalau dibilang mesin Megelli 250RE buatan EDI Progetti ya jelas salah besar. lagipula MINERVA setahu saya cuma mendistribusi dan merakit motor tersebut di Indonesia, bahkan beberapa pabrikan mobil dunia pun memproduksi mesinnya di negara lain, seperti cina dan thailand bahkan Indonesia. coba cek juga ke http://www.megelli.com dan website motor fischer USA, mereka menyebut kalau MINERVA INDONESIA merupakan distributor mereka. Itu saja.

  15. yuna berkata:

    waah…. baru aja saya ngecek di http://www.ediprogetti.it , ternyata ada tuh minerva sebagai customer nya… yang lambangnya huruf “M” didalam sayap itu lho….. asyiiiikkk…….. cos saya salah satu pengguna megelli 250……..hehe….tambah smangat nih makenya…..hihihihi….. 🙂

  16. Yopie berkata:

    Wah,jadi ragu lagi ni…

Tinggalkan komentar